top of page

Tipe - Tipe Kepemimpinan


Suatu perkumpulan biasanya memiliki seseorang sebagai pemimpin. Pemimpin bertugas mengantarkan dan mengarahkan anggotanya supaya dapat mencapai tujuan. Tujuan tersebut dicapai dengan kerja sama yang baik antar semua elemen. Untuk menimbulkan keharmonisan antar semua elemen diperlukan kepemimpinan yang tepat.

Sebagai pemimpin, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu tipe kepemimpinan yang ada. Berikut beberapa tipe kepemimpian dan artinya.

Tipe Militeristis

Tipe kepemimpinan ini biasa digunakan untuk beberapa organisasi atau perusahaan yang memerlukan kedisiplinan tinggi. Biasanya pemimpin menggunakan sistem perintah untuk mengarahkan anggotanya. Dalam perkumpulan tersebut juga akan ada susunan organisasi atau jabatan strategis. Pemimpin akan cenderung tidak luwes dan sulit menerima saran serta kritikan dari anggota.

Tipe Otokratis

Kepemimpinan ini membuat atasan merasa organisasi menjadi milik sendiri. Sehingga ia berusaha mewujudkan keinginan atau tujuan pribadi, bukan tujuan bersama. Pemimpin juga menganggap anggotanya hanya sebuah alat yang bisa digerakan sewaktu-waktu. Dia juga lebih menggunakan hukuman serta paksaan dalam mengarahkan anggotanya.

Tipe Paternalistis

Tipe ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mudah percaya terhadap orang lain. Sebab di sini Anda lebih melindungi dan menganggap anggota tidak dewasa. Anggota pun jarang dimintai pendapat dan saran dalam mengambil keputusan. Sehingga para anggota akan cenderung pasif dan tidak berkembang.

Tipe Kharismatis

Pemimpin denga tipe ini biasanya dianugrahi Tuhan YME dengan kharismatik. Sehingga memudahkan dia dalam menarik orang dengan pembawaan yang mudah mempengaruhi orang lain. Tak heran tipe kepemimpinan ini biasanya memiliki pengikut dalam jumlah yang besar. Kepemimpinannya mengandung inspirasi, keteguhan, serta keberanian.

Tipe Demokratis

Tipe kepemimpinan ini sangat menjunjung tinggi anggapan bahwa manusi merupakan makhuk paling mulia di dunia. Sehingga antara pemimpin dan anggota saling bekerja sama dalam mewujudkan tujuan organisasi. Mereka juga menghubungan tujuan pribadi dengan tujuan organisasi. Pemimpin senantiasa menerima kritikan, pendapat, serta saran dari anggota. Sehingga ia sangat ingin anggotanya lebih baik dan berkembang dibandingkan dia.

sumber : http://motivatorindonesia.net/5-tipe-kepemimpinan-dan-artinya.html

bottom of page